PROPOSAL BUSINESS PLAN
LAS LISTRIK PEMBUATAN TRALIS

Disusun Oleh :
Bayu Tri S 12.5.00020
Budi Santoso 12.5.00021
Candra Adi P 12.5.00022
Cecep Yuniarto 12.5.00023

BAB I
LATAR BELAKANG

Nama Perusahaan : BBC Stainless
Bidang Usaha : Produk Barang Dan Jasa
Jenis Produk : Las Listrik Pembuatan Tralis
Alamat Perusahaan : Jetis Rt 1/Rw 4, Suruhkalang, Jaten, Karanganyar
Nomor Telepon : 089673424648
089606348783
085712345563
085728142142

1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Sekarang ini, rumah banyak menggunakan tralis.
1.2 Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Untuk membuat tralis, kami cukup menyediakan besi stainless. Besi stainless di potong sesuai ukuran yang di butuhkan. Kemudian dirangkai menjadi Tralis, pintu pagar dan lain lain.
1.3 Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah banyak yang membutuhkannya.
1.4 Tujuan
1 Tujuan Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b. Membuat produk yang dapat bersaing di pasaran
1.5 Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena setiap rumah membutuhkan pagar untuk keamanan dan keindahan.

BAB II
PERENCANAAN BISNIS

2.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah orang yang mempunyai rumah baru/perumahan elit. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk program jangka panjang, kami merencanakan untuk membuka toko. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Sasaran kami orang. Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.2 Pembiayaan
2.2.1 Biaya Tetap
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
Alat las listrik Rp 1.000.000
Bor listrik Rp 350.000
GRENDA LISTRIK 2 BUAH @ Rp 195.000 Rp 390.000
Genset dengan tipe – FDW7 800E2-160 A Rp 10.500.000
– Voltas 220 Volt
Perlengkapan lain Rp 1.000.000
Total Rp.13.240.000

2.2.2 Biaya Variabel
Harga besi Rp 15.000 per meter
Plat besi Rp 10.000 per meter

2.2.3 Biaya total
Biaya total = Rp.14.000.000
2.2.4 Harga
Harga pintu pagar per meter Rp 400.000 s/d Rp 800.000

2.2.5 Modal Awal
Modal awal = Total BiayaTetap + BiayaVariabel
= Rp.14.000.000
Laba
Contoh : Misal ada konsumen memesan pagar dan pintunya,dengan ukuran panjang lahan 15 m,untuk pagar 12m x 1m dan pintu 3m x 2m,maka biayanya untuk membeli bahan besi Rp.5.000.000,cat Rp.300.000,untuk lain lain Rp.200.000.Pengeluaran total Rp.5.500.000,
Harga per m2Rp.600.000
Harga pintuRp.600.000 x 6m2 = Rp. 3.600.000
Harga pagar Rp.600.000 x 12m2 = Rp. 7.200.000
Total =Rp.10.600.000
Laba = Hasil – Modal
=Rp.10.600.000 – Rp.5.500.000
=Rp.5.100.000,-

BAB III
STUDI KELAYAKAN

3.1. Lokasi
Pembuatan tralis ini dilakukan diJetis Rt 1/Rw 4, Suruhkalang, Jaten, Karanganyar. Selain rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah berdasarkan lokasi yang sesuai.
3.2. Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya.Kami juga menyediakan suatu wadah konsultasi baik melalui sms, telepon, chatting, email maupun bertemu secara langsung.

BAB IV
REAL BUSINESS PLAN

4.1 Rencana Manajemen
1. Strategi pemasaran
Kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan produk
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Mengembangkan area/wilayah pemasaran ke berbagai tempat/wilayah.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya untuk promosi.
d. Penjualan kolektif
Yaitu memberikan pilihan kepada konsumen dengan menjual lebih dari satu produk dengan harga yang lebih miring bila dikalkulasi per produknya.
2. Strategi produksi
Kami memproduksi tralis sesuai dengan pesanan konsumen. Kami juga memberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih sendiri motif dan bahannya. Motif dan model yang kami tawarkan tentunya sudah menjadi kesepakatan perusahaan dan memenuhi kriteria serta merupakan trend masa kini.
3. Strategi penetapan harga
Harga merupakan suatu variable yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yang cenderung menyukai barang yang berkualitas tetapi dengan harga semurah mungkin. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami hanya akan mengutamakan kualitas barang. Bukan melulu mengambil keuntungan.
Untuk jasa konsultasi, kami memberikan jasa konsultasi cuma cuma kepada konsumen yang pasti membeli produk kami. Hanya saja, kami akan memberikan harga yang berbeda kepada konsumen yang langsung membeli dan kepada konsumen yang memesan motif.
4. Rencana pengembangan produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
a. Menemukan dan menciptakan model terbaru
b. Memperluas area promosi
c. Meningkatkan produksi
5. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut
a. Kesulitan Memperoleh Bahan Baku
Sulit mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau. Penggunaan bahan baku yang spesifik dan unik untuk usaha ini dan tidak selalu terdapat di wilayah sekitar.
b. Keterbatasan Teknologi
Minimnya pemanfaatan teknologi internet dalam desain, pemasaran, dan promosi hasil produksi. Keterbatasan pengguasaan IT, sistem yang ada kurang mendukung, dan kurang tersedianya SDM pendukung menjadi kendala dalam pengembangan usaha.
c. Keterbatasan Sumber Daya Manusia dengan kualitas yang baik
Sulitnya mendapat tenaga kerja yang memiliki keterampilan dalam bidang usaha mebel seperti mengukir, mendesain, mengecat, dll.
d. Modal usaha
Usaha ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.

Cara mengatasi kendala tersebut adalah sebagai berikut :
a. Harus memikirkan bahan baku alternatif lainnya sebagai pengganti bahan baku utama untuk mengatasi kesulitan memperoleh bahan baku.
b. Untuk masalah dibidang Teknologi,harus menambah tenaga kerja yang memiliki keahlian TI. Dengan adanya teknologi informasi dapat mempermudah usaha dalam memasarkan produknya.
c. Cara yang dilakukan untuk memperoleh SDM dengan kualitas yang baik adalah penerapan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian serta profesionalisme tenaga kerja dan mendorong peningkatan produktivitas industri mebel.
d. Modal usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu biesnis. Untuk memenuhi modal usaha kami memilih untuk melakukan peminjaman kepada bank yang memiliki bunga peminjaman terkecil.

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Kami juga menyediakan jasa konsultasi dengan menghadiri stand flexible kami dan mendatangi rumah produksi kami. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan yang kami gunakan dan tingkat kesulitan pembuatan produk. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan mebel sesuai selera konsumen.
5.2 Saran
Produk menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya.Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.