Mungkin sebagian besar kita sudah mengetahui apa itu Autorun.inf, tetapi banyak juga yang belum tahu atau memahami tentan Autorun.inf. Hal ini terbukti masih sering kita dengar orang bertanya tentang virus Autorun.inf, bagaimana cara menghapusnya dan lain-lainnya.

Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di system operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flasdisk dan lain-lainya dimasukkan/dipasang di computer. Sehingga ketika berbagi media tersebut di pasang atau di masukkan, tanpa kita menjalankan apapun ada program yang akan otomatis berjalan sendiri.

Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver atau CD Sofware dan film. Tetapi tidak dipungkiri malah di manfaatkan sebagai media penyebaran virus, terutama melalui flasdisk.
Sedangkan file Autorun.inf sendiri merupakan file yang berisi intruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flasdisk/CD dimasukkan ke computer. Intruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe.